Esposin, JAKARTA - Merayakan HUT ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal.
Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat Festival Beli Lokal pada Sabtu-Minggu (24-25/8 2024) di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.
Promosi Berbagai Program BRI untuk Mendukung Net Zero Emission di 2050
"UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto dalam keterangan tertulis.
Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat.
"Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," jelas Melissa.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.
Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.
Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.
Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan, di mana 50% bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua pekan pertama peluncuran kampanye.
Berkat berbagai inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia (penjelasan lebih lengkap bisa didapatkan melalui lampiran), terdapat kenaikan transaksi dan penjual di masing-masing platform.
"Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital, seperti Jacquelle, Kintakun, Thenblank, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya," ujar Melissa.
Edukasi
Melissa juga mengatakan, kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM lokal. Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%."Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam insiatif termasuk edukasi," ujarnya.
Program edukasi itu antara lain, Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital. Dalam program ini Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM, termasuk perempuan dalam berbisnis online, salah satunya literasi keuangan dalam mengelola usaha. Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.
Ada juga Sertifikasi Legalitas UMKM dengan bekerja sama dengan pemerintah. Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan sosialisasi dan fasilitasi legalitas bagi UMKM, mulai dari NIB, Halal, PIRT, hingga KI. Sepanjang tahun 2022-2023, upaya ini sudah membantu lebih dari 8.000 UMKM lokal di lebih dari 20 wilayah.
Bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.
Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan. 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.