by Brand Content - Espos.id Bisnis - Rabu, 4 Oktober 2023 - 20:39 WIB
Esposin, JAKARTA - Selama kuartal III 2023, produk fesyen, otomotif, elektronik, alat rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman, kesehatan serta perawatan tubuh) menjadi beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia.
Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan memasuki momen jelang akhir tahun, Tokopedia terus berupaya membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk UMKM lokal, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha. "Misalnya, dengan menggencarkan inisiatif hyperlocal berteknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia dapat memperluas pasar dan meraja di negeri sendiri,” kata Rizky.
“Salah satu contoh manifestasi hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” jelas Rizky.
Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha. “Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi. Kolaborasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk makin mengoptimalkan daya saing dan peran UMKM pada perekonomian nasional,” tambah Rizky.
Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha. “Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi. Kolaborasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk makin mengoptimalkan daya saing dan peran UMKM pada perekonomian nasional,” tambah Rizky.
Sementara di Sumatra Barat, produk sembako seperti sayuran beku mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia hingga lebih dari 2 kali lipat. Sementara di daerah Sumatra Selatan, Tokopedia mencatat jumlah pencarian terhadap produk mainan dan hobi yang sering dimainkan anak-anak, seperti bola bekel, melonjak lebih dari 3 kali lipat.*
“Untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan mainan dan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation,” tambah Rizky.
“Selain produk fesyen serta makanan dan minuman, kendaraan listrik seperti mobil dan motor yang berteknologi ramah lingkungan makin menarik perhatian masyarakat belakangan ini. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian terhadap motor listrik di Tokopedia, khususnya di Jawa Timur, naik hampir 68 kali lipat,” ungkap Rizky.
“Tak hanya di Pulau Sumatra, masyarakat di Kalimantan pun ikut merasakan euforia olahraga tenis. Hal tersebut sejalan dengan data Tokopedia, khususnya di Kalimantan Timur, bahwa jumlah pencarian produk tas raket tenis sebagai penunjang olahraga turut meningkat hingga lebih dari tiga kali lipat,” ucap Rizky.
Tidak hanya itu, Tokopedia mencatat pencarian terhadap makanan tahu sutra di Kalimantan Tengah, yang kaya akan protein, naik hampir lima kali lipat. Data internal Tokopedia pun menunjukkan bahwa di daerah Kalimantan Utara, jumlah pencarian untuk aksesori nail art di kategori kecantikan mengalami kenaikan hingga hampir 4,5 kali lipat.
Sedangkan di Sulawesi Tengah, masyarakat cenderung banyak mencari produk kecantikan. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian untuk produk eye primer, yang bisa membuat riasan mata menjadi makin tahan lama, meningkat lebih dari 2,5 kali lipat.
“Tokopedia juga mencatat di Sulawesi Utara, produk sembako seperti cabai merah kian dicari masyarakat hingga mengalami kenaikan jumlah pencarian lebih dari tiga kali lipat. Sementara, di Sulawesi Barat, celana lari perempuan yang terdapat di kategori Olahraga, mengalami lonjakan jumlah pencarian hingga lebih dari 5,5 kali lipat,” terang Rizky.
“Memenuhi kebutuhan konsumen yang menjalani gaya hidup sehat dengan berjualan sayur organik juga dapat menjadi ide berjualan online. Uniknya menurut data Tokopedia, jumlah pencarian yang dilakukan masyarakat di Bali terhadap produk sembako seperti wortel naik hampir 2 kali lipat, sehingga berjualan produk sayur segar dapat menjadi peluang,” tutur Rizky.
Sedangkan di Nusa Tenggara Barat, masyarakat cenderung banyak mencari produk fesyen. Terbukti dari pencarian produk scarf atau syal di Tokopedia yang naik hampir dua kali lipat. Di samping itu, jumlah pencarian brokoli yang dilakukan masyarakat di Nusa Tenggara Barat mengalami kenaikan hingga lebih dari dua kali lipat.
Selain itu, masyarakat di Maluku juga mulai mencari produk dekorasi natal untuk akhir tahun. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian pohon natal yang naik hingga lebih dari empat kali lipat. “Penjual bisa memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, misalnya ‘Flash Sale Toko’, ‘Diskon Toko’ dan ‘Kupon Toko’, untuk menarik lebih banyak pembeli di momentum belanja masyarakat, seperti saat jelang akhir tahun,” tambah Rizky.
“Banyak manfaat yang bisa didapatkan penjual lewat berbagai fitur promosi ini. Contohnya, jika penjual memberi ekstra cashback lewat fitur ‘Kupon Toko’, toko dan produk penjual tersebut dapat muncul di halaman strategis Tokopedia, seperti halaman utama, halaman pencarian dan halaman promo. Alhasil, penjualan berpotensi meningkat karena pembeli lebih mudah menemukan toko atau produk tersebut dan bisa mendapatkan penawaran menarik,” ujar Rizky.
Produk fesyen anak seperti beanie atau kupluk untuk anak mengalami kenaikan jumlah pencarian di Papua hingga lebih dari 3,5 kali lipat. Pelaku usaha bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan kupluk dengan berbagai macam pilihan desain hingga material berkualitas yang dapat digunakan untuk masyarakat Papua yang banyak tinggal di kawasan sejuk atau dingin.*
Menariknya lagi, Tokopedia mencatat jumlah pencarian kopi literan oleh masyarakat di Papua naik 7,5 kali lipat. “Tokopedia membuka peluang bagi UMKM lokal dari segala latar belakang dan memenuhi berbagai kriteria untuk bergabung di Tokopedia NYAM!, panggung khusus untuk pelaku usaha makanan dan minuman dari seluruh penjuru di Indonesia,” jelas Rizky.
“Cara bergabung di Tokopedia NYAM! pun sangat mudah. Penjual bisa mengunjungi halaman khusus untuk mengetahui lebih lanjut terkait kriteria serta prosedur yang dapat diikuti agar toko penjual dapat dimasukkan pada Tokopedia NYAM!” tutup Rizky.