by Maymunah Nasution - Espos.id Bisnis - Kamis, 8 Juni 2023 - 20:23 WIB
Esposin, SOLO -- Ekspansi online menjadi pilihan menggiurkan bagi ritel lokal. Staf administrasi media sosial Laris Swalayan dan Supermarker, Mufida Dina, mengatakan ekspansi online mereka cukup kencang selama tiga tahun terakhir.
"Pola belanja online tetap kencang karena mungkin kesibukan masyarakat tinggi ya, sedangkan Laris keunggulannya menyediakan segala produk karena kami toserba sehingga banyak yang mencari kebutuhan sehari-hari di toko online kami," papar Mufida saat ditemui Esposin pada acara Blibli Yuk Series Solo di Hetero Space Solo, Kamis (8/6/2023).
Mufida mengatakan penjualan paling laris mereka adalah lewat layanan Express hampir di semua marketplace. Dia menjelaskan layanan ini diminati paling banyak oleh warga Kartasura, Sukoharjo.
Menurutnya, layanan Express banyak diminati karena pengirimannya yang instan. Dia menambahkan minimal transaksi pemesanan online lewat layanan Express sebesar Rp500.000.
Menurutnya, layanan Express banyak diminati karena pengirimannya yang instan. Dia menambahkan minimal transaksi pemesanan online lewat layanan Express sebesar Rp500.000.
Produk-produk yang biasa dicari masyarakat berupa kebutuhan pokok seperti sabun mandi, tisu, dan popok.
Tidak hanya dari pembeli daerah Soloraya, online shop Laris juga diminati konsumen dari luar Jawa. Mufida bercerita beberapa kali dia mencatat pemesanan ke Palembang berupa satu karton susu dengan nominal pemesanan lebih dari Rp1 juta.
"Elektronik kan global sifatnya. Jangkauan online kami membuat kami bersaing dengan penjual lain secara nasional maupun dari luar negeri," papar Almira kepada Esposin.
Namun, dia mengatakan tim Candi Elektronik menyiasatinya dengan mengedepankan kenyamanan konsumen, salah satunya dengan garansi 14 hari.
Konsumen online Candi Elektronik juga bisa mengembalikan produk elektronik yang mereka beli di toko tersebut untuk ditukar dengan merek lain jika mereka memutuskan mengganti merek elektronik yang sudah dibeli.
Almira mengatakan, ekspansi Candi Elektronik dilakukan dengan menghindari pasar regional. Dia berpendapat ekspansi online tidak seharusnya merebut pasar offline tetapi memperluas jangkauan Candi Elektronik.